Membuat Balok 3D di OpenGL
Balok merupakan salah satu objek 3D yang dapat kita buat menggunakan opengl, Balok 3d opengl adalah dasar agar nantinya kita dapat membuat berbagai jenis objek 3D seperti membuat bangunan di opengl, rumah 3d di opengl, dan sejenisnya, jadi pembuatan gambar balok 3D ini harus di pahami agar nantinya menjadi lebih mudah dalam pembuatan objek lainnya.
OpenGL yang dibahas sekarang adalah yang biasa di pelajari dalam mata kuliah Komputer Grafik atau juga Grafika Komputer menggunakan bahasa pemrograman C++ dan biasanya menggunakan software IDE Visual C++
Tulisan ini adalah sebagai pendukung dari Channel Yt siuda Tutorial tentang membuat balok 3d di opengl, jadi jika ingin lebih mudah memahami dapat langsung tonton videonya.
Bagi yang butuh jasa pembuatan project OpenGL 2D & 3D langsung Dm Instagram @mahara.kata
Untuk source code atau koding balok 3d opengl ada di bawah ini, dan juga beserta penjelasannya yang akan di terangkan pada tulisan ini.
Ambil kodingnya disini >> Koding Balok 3D OpenGL
Ambil titik kordinat kosong disini >> Titik Kordinat Kosong
Jika terjadi masalah saat pengambilan koding sikahan Dm saya di kontak yang tertera di atas.
Sebelum memulai membuat Balok 3d menggunakan koding bahasa c++, software yang di butuhkan adalah codeblock yang sudah terpasang glut, jika sudah maka selanjutnya buatlah sketsa terlebih dahulu dengan gambar titik kordinat dan bisa menggunakan apa saja, contohnya seperti di bawah ini :
Selanjutnya tinggal dipahami dan di pelajari dalam video pembuatan di channel siuda tutorial, agar lebih paham silahkan ikuti petunjuk ini.
Pertama buatlah balok bagian depan atau tampak depan dengan urutan x,y,z yang mana untuk titik awal dapat di buat dari sudut kiti bawah, yang kordinatnya itu adalah -5,-2,3 atau dalam kordinat puluhan yaitu -50,-20,30 (x,y,z) lalu di koding selanjutnya titik kordinat bagian kanan bawah, dan lanjutkan kanan atas, lalu kiri atas, maka jadilah bagian balok tampak depan.
Jika sudah membentuk balok tampak depan, untuk membuat sisi belakangnya sangat mudah, tinggal salin koding tampak depan lalu ubah bagian sumbu z, karna yang membedakan tampak depan dan belakang adalah letak kordinat z nya, maka untuk tampak belakang -50,-20-30 (x,y,z) z bedada pada bagian (-)
Nah begitu seterusnya, untuk sisi kanan juga dapat di buat sisi kirinya yang membedakan adalah sumbu x nya, dan untuk sisi atas dan bawah yang membedakan adalah sumbu y nya.
Baiklah sampai disini tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu, terimakasih
Komentar
Posting Komentar